วันอังคารที่ 21 มกราคม พ.ศ. 2557

Resensi buku karya M Rikza Chamami(Pendidikan Neomodernisme.)

 Resensi buku karya M Rikza Chamami(Pendidikan Neomodernisme.)
 
 
Judul Buku : Pendidikan Neomodernisme.
Penulis : M. Rikza Chamami, M.Si.
Edator : Abu Rokhmad
Penerbit : Walisongo Press.
Cetakan Pertama : Juli 2010
Ukuran : 15 x 21 cm
Tebal : 224 halaman
ISBN : 978-602-97346-6-9
 
M.Rekza Chamami, MSIlahir di Krandon Kota Kudus 20 Maret 1980. Pendidikan dasar mulai TK dan SD di Nawa Kartika Kudus. Setelah tamat SD, masih kembali menjadi siswa MI kelas 5 lagi di Madrasah Qudsiyyah Kauman Kudus. Setalah tamat kelas 6 MI, ia lanjutkan di MTs dan MA di almamater yang sama.Pendidikan non formal ditempuh di Madrasah Mu’awanatul Muslimin kudus, Pondok Pesentren darunnajah Jrakah Tugu Semarang dan kursus Bahasa Inggris di LBPP LIA. Program S1 ditumpuhnya di IAIN Walisongo Semarang Jurusan Kependidikan Islam (KI) dan Program Minor Pendidikan Bahasa Arab(PBA).Bagaimana merumuskan hubungan yang tepat antara Islam dan modernitas? Inilah kira-kira pertanyaan dasar yang menjadi kegelisahan intelektual pembaharu Fazlur Rahman. Tema intelektualisme dan pendidikan Islam dalam pandangan Fazlur Rahman, inilah dikaji dalam buku karya saudara M.Rikza Chamami.
Fazlus Rahman dipandang sebagai tokoh yang concern di bidang hukum dan falsafat, ternyatanya mempunyai pemikiran tentang pedidikan Islam yang tidak jauh dari gagasan besarnya dalam menyongkong meomodernisme Islam.
 Neomodermisme yang dikumandangkan Fazlus Rahman memberi model pembaharuan dalam fenomena fase perkambangkan dunia Islam.. Substansi neomodermisme yaitu menjawab tantangan modernisme Barat,dengan tetap menunjukan identitas keislaman.Neomodernisme diartikan dalam dua hal : Pertama, sebagai gerakan intelektual yang medialogkan antara tradisi dan modernisasi. Kedua, sebagai masa pembaharuan setelah tidak puas dengan hedonismedalam era modern.
Pendidikan bagi Fazlus Rahman adalah pokok utama yang harus dikedepankan dalam semua bentuk pembaharuan Islam. Esensi dari pedidikan bagi Fazlus Rahman adalah intelektualisme Islam.Perangkat utama dalam intelektualisme adalah Al-Quran,karena al-Quran adalah sayu-satunya wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Implikasi pemikiran Fazlus Rahman terhadap pendidikan Islam sangat besar, terutama pendidikan Islam yang rasioranis-religius.Disini implikasi pemikiran Fazlus Rahman dibagi dalam empat aspek; pertama, Model pendidikan Islam al-Quraniialah disini Fazlus Rahman mempunyai pendapat yang cukup kuat tentang perlunyapemahaman al-Quran berserta maknanya dan pengalaman kandungannya.Kedua,tujuan dan strategi pedidikan ialah bagi Rahman tujuan pendidikan Islam diformat untuk mewujut tatanan muslim yang beradab dan konsisten kepada tuhan. Ketiga, metode Pedidikan ,dibagi oleh Rahman dua perkara,yaitu individu dan kelompok. Dan keampat,Kurikulim Pendidikan yaitu proses pendidikan berjalan tidak akan lengkap kalau tidak mempunyai kurikulum.karena hakikatnya kurikulum disusun untuk dapat menjadi input instrumental yang membantu peserta didik untuk berkambang sebagai individusesuai dengan bakat dan kemampuannya. Fazlus Rahman menilai pengajaran yang menjadi diktum kurikulum pendidikan Islam membantukan rekonstruksi, terlebih ketika ia melihat kondisi pendidikan tradisiaonalyang masih terlalu harmonis denan tatanannya sendiri.Kurikulum Islam yang ada catatan dalam dunia menjadi gambaran riil khasanah, kurikulum pendidikan Islam tidak dioisahkan diantara ilmu umum dan ilmu agama.  
Buku Pendidikan Neomodernisme sangat menarik untuk dibaca, memberikan inspirasi bagi para pembacanya. Buku Pendidikan Neomodernisme  memberi tahukan bagaimanakah merumuskan hubungan yang tepat antara Islam dan modernitas. Penulis benar-benar memiliki konsep yang kuat,pikiran yang tinggi menjadikan karya yang bagus sekali.
Penulis ahli dalam mendeskripsikan secara rinci,dan dalm karya ini memberikan gambaran yang jelas akan apa yang terjadi dalam dunia Islam sekarangNeomodernisme merupakan model pembaharuan dalam fesa perkambangan dunia Islam. Neomodernisme menawarkan bentuk pembaharuan dalam tubuh Islam yang masih tetap memegang teguh tradisi atau ajaran-ajaran Islam.Fazlus Rahman adalah seorang yang memberi pandangan Neomodernisme tentang intelektulisme dan pendidikan Islam.
  Kekurangan pada buku ini, adalah banyak kalimat - kalimat yang kurang dipahami arti.
Kita dapat mengambil apa saja tentang pandangan Neomodernisme Fazlus Rahman ,menjadi pengetahuan dan manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

ไม่มีความคิดเห็น:

แสดงความคิดเห็น